Sunday, August 19, 2007

Optimasi Pada Sistem

Sistem anda terasa lambat? Sistem terasa berat saat membuka suatu applikasi atau ketika mencari data?
Beberapa alasan PC anda terasa lambat adalah :
PC anda sudah terlalu tua untuk menjalankan aplikasi-applikasi terbaru. Maksudnya, spesifikasi hardware yang anda gunakan sudah tidak kompatibel dengan applikasi-applikasi baru yang meminta spek yang lebih tinggi.
Ada jenis virus yang mengganggu, setting BIOS yang tidak tepat, hardware yang bermasalah, Hard Disk yang sudah sesak atau penuh, dan masih banyak alasan lain.

Untuk mengatasi masalah dia atas banyak cara yang dapat anda lakukan. Memang sih untuk permasalahan “terinveksi virus” ada cara yang paling gampang yaitu dengan menginstall ulang system operasi anda (stand alone user). Namun cara ini tidak dapat menyelesaikan semua masalah diatas khususnya setting yang bermasalah pada hardware atau BIOS. Selain itu cara “install ulang” ini tidak akan membuat pengetahuan anda bertambah tentang trobleshooting.
Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi permasalahan seperti ini. Langkah-langkah ini bisa dikatakan cukup efektif untuk mengidentifikasi dan mengatasi permasalahan diatas.

Scan dengan Antivirus
Penyebab paling umum dari lambatnya sistem pada PC adalah adanya virus yang menginveksi sistem anda.
Tips:
Gunakanlah anti virus yang bagus, pada umumnya virus-virus yang beredar di indonesia adalah virus-virus lokal, jadi gunakan antivirus yang tidak hanya dapat mendeteksi virus interlokal tapi juga virus lokal he..he..:).
Update-lah antivirus yang anda gunakan secara berkala agar virus-virus baru dapat dikenali sekaligus di “bunuh”.
Salah satu contoh Antivirus yang cukup baik dalam mengenali virus-virus lokal dan interlokal adalah ANSAV. Antivirus ini berjenis freeware atau gratis yang dapat anda download/unduh di www.ansav.com

Cek hardware pada PC anda
Hardware seringkali mengalami penurunan kinerja, biasanya diakibatkan oleh pemakaian yang terus-menerus (khususnya PC lawas). Kalau anda tidak tahu dimana harus memulai, cobalah memulai dengan komponen power supply. Komponen ini seringkali mengalami gangguan yang diakibatkan karena pemakaian yang terus-menerus, debu yang membuat kipas tidak berputar lalu mengakibatkan overheat, atau kekurangan daya yang diakibatkan oleh penambahan hardware. Kalau komponen ini bermasalah (kekurangan daya atau terbakar), anda harus menggantinya dengan yang baru.

Cek memori di PC anda
Apakah anda perlu melakukan penambahan memori. Laukan kalkulasi pada applikasi yang anda jalakan, karena semakin banyak applikasi yang harus anda jalankan berarti semakin banyak memori yang di gunakan (sebaiknya anda memperbesar ukuran memori untuk meminimalisasi efek bottleneck pada PC).

Periksa suhu prosessor
Cek apakah suhu prosessor anda melebihi batas yang wajar, kewajarannya berbeda-beda tergantung jenis prosessor yang anda gunakan (panas prsessor akan di bahas di artikel lain). Anda dapat mengeceknya dengan masuk ke BIOS atau menggunakan tool atau utility tertentu semisal sisoft sandra. Perhatikan juga kipas (fan) pada prosessor apakah berjalan dengan baik (bersihkan debu-debu yang menempel pada fan terlebih dahulu). langkah ini dilakukan untuk menjamin bahwa panas yang ditimbulkan prosessor bukan disebabkan oleh heatsink dan fan (komponen pendingin pada prosessor) yang bekerja kurang optimal. Kalau panasnya tidak berubah, anda dapat mengganti thermal grease pada lempengan prosessor dengan thermal grease yang baru.

Cek settingan pada BIOS
Yang harus anda lakukan adalah, masuk kedalam BIOS dengan menekan tombol Del atau F2. Setelah masuk pastikan kecepatan prosessor, memori, dan lain-lain sudah sesuai dengan yang tertera di manual book perangkat yang anda miliki. Disitu anda juga dapat mengatur beberapa setting agar performance dapat bertambah, misalnya memilih menu “load optimized” atau semacamnya. Dengan meng-updated BIOS dengan yang terbaru juga dapat meningkatkan performance sistem anda. Setalah selesai jangan lupa memilih menu “save and exit”.

Cek driver perangkat
Cek driver dari perangkat yang terpasang di komputer anda. Apabila terdapat konflik pada driver anda bisa meng-uninstall driver tersebut untuk kemudian di install kembali dengan yang sesuai atau dengan meng-update dari versi yang terbaru. Dengan meng-update driver beberapa komponen vital seperti graphic card dll, juga dapat memperbaiki kinerja perangkat.

Defrag HDD
Defrag pada harddisk bertujuan untuk meng-organisasi tatanan file pada harddisk agar lebih rapi guna memepermudah prosses transfer data. Ini sangat diperlukan apalagi kalau file-file anda berada pada posisi terpencar-pencar di dalam harddisk. Bagaimana caranya? Kalau anda menggunakan Sistem Operasi Windows anda dapat meng-klik start menu-programs-accessories-system tools-disk defragmenter. Atau bisa juga dengan menggunakan applikasi lain seperti Norton dan semacamnya. Jangan lupa menyisakan ruang kosong minimal 300MB untuk System Operasi Windows XP/2000 dan 200MB untuk Windows 98.

Bersihkan dari file sampah/junk file
Harddisk yang terlalu disesaki dengan beragam file juga dapat memperlambat sistem anda. Ini biasanya baru terasa setelah space kosong di harddisk tinggal beberapa persen lagi. Untuk menanggulanginya, kita bisa memulai dengan membuang file-file yang tidak perlu atau meng-uninstall applikasi-applikasi yang tidak terlalu sering di pakai namun anda memiliki software installer-nya (kalau diperlukan baru di install kembali). Anda dapat menghapus file-file yang tidak perlu seperti cookies, temp, atau temporary internet files melalui menu search secara berkala. Untuk anda yang awam sangat disarankan menggunakan applikasi tambahan seperti System Mechanic, Tuneup Utility dan sejenisnya untuk menghindari cacat pada file.(baraq)

2 comments:

Lintasberita said...

Artikel-artikel di blog ini bagus-bagus. Coba lebih dipopulerkan lagi di Lintasberita.com akan lebih berguna buat pembaca di seluruh tanah air. Dan kami juga telah memiliki plugin untuk Blogspot dengan installasi mudah. Salam!

http://www.lintasberita.com/Teknologi/Optimasi_Pada_Sistem/

Anonymous said...

Who knows where to download XRumer 5.0 Palladium?
Help, please. All recommend this program to effectively advertise on the Internet, this is the best program!